Thursday, November 16, 2006

HP Genetics 101

hm... postingan ambu tentang anaknya Remus-Tonks berasa agak aneh... mungkin karena saya ga bisa liat photobucket nya kali ya ^^;;

saya turun menjelaskan genetika versi saya deh...

cara saya mengikuti kaidah yang merupakan pendapat embah Gregor Mendel yang ditemukannya udah duluuu banget... tapi masih cukup relevan untuk soal-soal sederhana seperti ini...

pertama, harus kita tentuin mana sifat dominan ama sifat resesif (bukan represif, mbu ^^;) nya dulu... apakah misalnya dominannya ada pada wizard, metamorfmagus, atau werewolfna... soalnya penting buat kepentingan bikin matriks penurunannya...

aye berpikir urutan dominansi ketiga sifat ini adalah seperti ini:

wizard "biasa" > Werewolf > Metamorfmagus

(karena kalo ga salah di canon HP, Metamorfmagus itu sangat jarang, buktinya di OoTP juga cuma ada si Tongki... eh, Tonks doang)

terus kita tentuin lambang "gen" untuk masing-masing sifat... buat kepentingan bikin matriks nya...

kita lambangkan gen pembawa sifat Werewolf = W; Metamorfmagus = M...

untuk sifat werewolf, kita ambil pasangan gen nya: WW = werewolf, Ww = w Carrier wizard, dan ww = wizard biasa

untuk sifat metamorphmagus: MM = metamorph, Mm = m Carrier wizard, dan mm = wizard biasa

kenapa pasangan gen? karena kita harus ingat bahwa kita mendapatkan sifat tertentu dari ayah dan ibu, yang berati kita mempunyai sepasang gen pembawa sifat... begitu juga dengan situasi ini...

nah, sekarang kita anggap aja mereka tidak mempunyai sifat pasangan sama sekali, yaitu Remus adalah werewolf murni dan Tonks Metamorf murni... kita tentukan genotip Remus = WWmm (karena dia werewolf doang), dan Tonks = wwMM (karena dia metamorf doang)...

maka kita mendapatkan pasangan gen dalam gamet (sel kelamin), yaitu Wm (dari Remus) dan wM (dari Tonks)... kemudian kedua pasangan ini kita susun... maka kita dapat genotip (sifat genetik) nya keturunan... yaitu WwMm... yang berarti sifat luarnya nanti adalah carrier untuk kedua sifat werewolf dan Metamorf...

ini artinya anaknya Remus dan Tonks HAMPIR PASTI wizard biasa yang carrier untuk kedua sifat ortunya... bukan werewolf, atau metamorfmagus, apalagi keduanya ^^

kalo mujur (atau malah apes ya? ^^) ya sifat unik kedua ortunya baru bakal keluar di anaknya anaknya Remus - Tonks... alias cucunya mereka... itu juga kalo ketemu pasangan yang sesuai...

Asumsi saya akan gugur, apabila Tonks memiliki gen W (pembawa sifat werewolf) dan/atau Remus memiliki gen M (pembawa sifat Metamorfmagus)... nah itu nanti bisa beda lagi penurunannya... bisa matriks 4 x 4 dengan kemungkinan 16 macam genotip keturunan jadinya ^^ kemungkinan kedua adalah jika Remus akan menggigiti anak mereka satu per satu nanti, yang pasti menjadikan semua anaknya werewolf ^^

tentu ada kemungkinan ketiga yaitu mutasi akibat faktor luar, namun kemungkinan hal ini terjadi sangat kecil.

kalo ada yang tidak (bisa langsung) mengerti dan/atau menemukan kesalahan dalam tulisan ini, ya saya mohon maap karena genetika memang harus dipelajari dengan cukup mendalam dahulu, baru bisa ngerti dan membuat penurunan sifat seperti dalam post saya ini. saya aja nyaris ga lulus kuliah Genetika...

sekian kuliah HP Genetics 101 kali ini ^^

9 Comments:

Blogger ambudaff said...

Makasih! Makasih!
*hugs Gunz*
*lirik Miyu*
*hihi*

*maklum Ambu SMA-nya IPS, lagian cuma baca genetikanya Talasemia waktu mau kawin dulu, takut ada yang carier di keluarga, dan ternyata ga ada..*

10:42 AM  
Blogger Myu-chan said...

*bales lirik ambu*

Hihi. Makasih kembali... *lirik suami*

Etoo... Jadi pengen belajar Genetika lagi... *lirik dosen*

3:07 PM  
Blogger ninest123 Ninest said...

ninest123 10.16
tiffany jewelry, replica watches, jordan shoes, replica watches, michael kors outlet store, michael kors handbags, burberry outlet online, nike air max, ugg australia, cheap ugg boots, christian louboutin, christian louboutin outlet, burberry outlet online, ugg outlet, tory burch outlet online, louis vuitton outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton, oakley sunglasses, tiffany and co, louis vuitton outlet, chanel handbags, kate spade outlet online, polo ralph lauren outlet, ray ban sunglasses, prada handbags, polo ralph lauren, oakley sunglasses, christian louboutin shoes, gucci handbags, michael kors outlet online, nike outlet, longchamp handbags, prada outlet, cheap ugg boots outlet, oakley vault, longchamp outlet, ray ban outlet, nike air max, nike free, louis vuitton handbags, cheap oakley sunglasses, michael kors outlet online sale, ugg boots clearance, ray ban sunglasses, longchamp outlet online, louis vuitton outlet online

9:00 AM  
Blogger ninest123 Ninest said...

longchamp, michael kors outlet online, hermes pas cher, ray ban pas cher, timberland pas cher, vans pas cher, tn pas cher, nike roshe, converse pas cher, true religion outlet, air max pas cher, nike air max, air jordan, north face, coach outlet store online, michael kors, nike free, guess pas cher, true religion jeans, louboutin, nike roshe run, burberry pas cher, kate spade outlet, new balance pas cher, mulberry uk, nike free pas cher, longchamp pas cher, true religion outlet, coach outlet, north face pas cher, true religion, nike air max, lululemon outlet online, coach purses, coach outlet, michael kors uk, air max, scarpe hogan, nike blazer pas cher, hollister uk, nike air force, sac vanessa bruno, ralph lauren uk, hollister, lacoste pas cher, michael kors canada, abercrombie and fitch, ray ban uk, ralph lauren pas cher, oakley pas cher

9:02 AM  
Blogger ninest123 Ninest said...

jimmy choo shoes, chi flat iron, bottega veneta, ralph lauren, celine handbags, giuseppe zanotti, nike air huarache, mont blanc pens, ghd, gucci, ray ban, baseball bats, converse shoes, abercrombie and fitch, louboutin, p90x workout, nike roshe, babyliss, mac cosmetics, vans outlet, north face jackets, mcm handbags, vans, nfl jerseys, new balance outlet, reebok shoes, lululemon outlet, valentino shoes, abercrombie, north face jackets, wedding dresses, instyler ionic styler, asics shoes, hollister clothing store, air max, nike air max, timberland boots, nike trainers, converse, herve leger, birkin bag, iphone case, oakley, insanity workout, hollister, ferragamo shoes, soccer shoes, longchamp, beats headphones, soccer jerseys, michael kors outlet, michael kors outlet online

9:04 AM  
Blogger ninest123 Ninest said...

links of london uk, louis vuitton pas cher, canada goose, doke gabbana outlet, moncler, ugg boots, canada goose outlet, ugg soldes, louis vuitton canada, juicy couture, swarovski jewelry, moncler outlet, michael kors outlet online, moncler, marc jacobs handbags, pandora uk, sac louis vuitton, canada goose, ugg, wedding dress, hollister canada, michael kors outlet, moncler, pandora charms, juicy couture outlet, louis vuitton uk, uggs canada, canada goose outlet, michael kors handbags, louis vuitton, replica watches, thomas sabo uk, ugg, coach outlet, moncler, montre femme, canada goose, barbour, moncler, pandora jewelry, sac lancel, canada goose pas cher, moncler, canada goose outlet, barbour jackets, karen millen, supra shoes, swarovski uk, canada goose, toms outlet, pandora jewelry, moncler outlet
ninest123 10.16

9:07 AM  
Blogger mmjiaxin said...

swarovski crystal
abercrombie and fitch
michael kors outlet online
canada goose outelt
timberland shoes
coach outlet online
michael kors outlet
ugg boots
lululemon pants
north face outlet
swarovski crystal
karen millen uk
mont blanc pens
michael kors outlet online
oakley canada
michael kors factory store
nike outlet store
ray ban,rayban,occhiali ray ban,ray-ban,ray ban occhiali,ray ban sunglasses
ralph lauren polo
converse shoes
mm1211

3:26 PM  
Blogger Liu Liu said...

Penn State louboutin outlet has nine straight wins, the Big Ten cheap nfl jerseys Championship and a christian louboutin uk win over Ohio State. Is wholesale nfl jerseys it Nike Free Run worthy of the College Football Playoff? That’s what the College nfl jerseys store Football Playoff committee has to figure out after the No. 7 Nittany NFL Jerseys Lions’ comeback christian louboutin shoes against No. 6 Nike Air Max 2015 Shoes Wisconsin on Saturday Nike Air Max 90 night in the Big Ten Championship Game. Penn State won 38-31 after Nike Roshe Run trailing 28-7 in the second quarter.

8:11 PM  
Blogger jomana yusef said...

http://www.kuwait.prokr.net/
http://www.emirates.prokr.net/

2:41 AM  

Post a Comment

<< Home