Monday, November 13, 2006

Lupin-Tonks

Sebelumnya, Ambu mau minta maaf kalau pejelasan ini memakai ilustrasi yang salah. Soalnya Ambu bukan ahli genetik. Ambu cuma njiplak dari penjelasan selintas tentang Talasemia (sp) dan menerapkannya pada tulisan ini.

OK, ceritanya Remus Lupin dan Nymphadora Tonks kawin. Akan seperti apakah anaknya? Seperti biasanya, seorang anak membawa warisan dari ibunya dan ayahnya. Tetapi, seperti ayah-ibu lain di seluruh dunia, tidak ada yang tahu seperti apa warisan itu bentuknya. Dalam joke, kalau ada seorang ayah yang jelek tapi pinter menikah dengan ibu yang cuantik tapi idiot, pasti mereka mengharapkan anak yang cantik/tampan dan pintar. Bagaimana kalau yang terjadi malah anak yang jelek dan idiot?

Karena itulah, kita menghitung-hitung. Katakanlah Werewolf itu diturunkan. Dan Metamorfagus juga, keturunan.

Kalau Remus menikah dengan wanita biasa (penyihir ataupun Muggle terserah, pokoknya ‘biasa’) maka kemungkinan anak yang lahir adalah:
W=Werewolf
B=Biasa

WdominanBrepresif
WrepresifBdominan
WrepresifBrepresif

Jadi ada 3 kemungkinan: jadi Werewolf (Wdominan), atau Biasa (BDominan), atau biasa tapi dia bisa menurunkan (carrier) sifat-sifat Werewolf. Catatan: Bukan berarti kalau punya 3 anak maka akan 1 Werewolf, 1 Biasa, dan 1 Carrier. Tapi, tiap anak punya kemungkinan. Jadi bisa saja punya 3 anak dan 3-3 nya jadi Werewolf…

Kalau Tonks menikah dengan pria biasa, maka kemungkinan anak yang lahir adalah sama:
M=Metamorfagus
B=Biasa

MdominanBrepresif
MrepresifBdominan
MrepresifBrepresif

Sama, ada 3 kemungkinan: jadi Metamorfagus, jadi Biasa, atau Biasa dengan Carrier.

Tetapi… bagaimana kalau Remus menikah dengan Tonks? Maka kemungkinannya adalah:


Photobucket - Video and Image Hosting

Catatan: Keduanya menggunakan Biasa juga karena mungkin saja tidak terjadi apa-apa..

Yang paling aman ialah kalau mereka memperoleh anak BrepresifBrepresif. Jadilah anak itu aman. Selain dari kehidupan sekarangnya yang aman, di masa yang akan datang juga dia ga akan mungkin menurunkan Werewolf atau Metamorfagus. Dia bukan Werewolf, bukan Metamorfagus, bukan Carrier.

wM berarti dia akan menjadi seorang Metamorfagus, dengan kemungkinan menurunkan Werewolf di keturunannya. Wm berarti dia akan menjadi Werewolf dengan kemungkinan menurunkan Metamorfagus di keturunannya. wm berarti dia akan biasa-biasa tapi di keturunannya bisa diperoleh Werewolf atau Metamorfagus. Bdominan dengan M atau W, rasanya tidak mungkin terjadi karena Bdominan akan kalah oleh M atau W dominan.

Tapi … cilaka kalau si anak memperoleh kemungkinan WM. Berarti dia akan menjadi Werewolf sekaligus Metamorfagus. Bisakah kau membayangkan seekor Werewolf dengan bulu pink atau ungu muda?

3 Comments:

Blogger Neng Dinie Noor said...

Mengulang pelajaran BIOLOGI bersama Ambu... Ambu di hogwarts ngajar beginian ya? Pantesan!! Ada yg mau private? *dipentung ambu!*

4:10 PM  
Blogger Writer Nightpen said...

This comment has been removed by a blog administrator.

5:43 PM  
Blogger Writer Nightpen said...

ambu, penurunannya agak salah tuh, saya koreksi di postingan saya yang diatas...

jangan pundung yah, emang genetika Mendelian agak sulit ^^

6:25 PM  

Post a Comment

<< Home