Sunday, October 22, 2006

Mahou Shoujo

Mau mengucapkan Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Bathin... tapi kok udah keduluan ambu ^^;;

Hihihi~

ya udah, iseng ah~

*ditimpuk istri*

Hari ini saya akan membahas tentang Mahou Shoujo.

Tapi... sebelum mulai racauan... er, bahasan ini... mari kita tinjau dulu apa definisi dari istilah "Mahou Shoujo".

istilah mahou shoujo ini berasal dari bahasa Jepang. Istilah ini sendiri terbentuk dari 2 kata yaitu "Mahou", yang berarti sihir, dan "Shoujo", yang berarti gadis muda. secara istilah, maka diberikanlah definisi umum bahwa "Mahou Shoujo" berarti "Gadis muda yang mahir menggunakan sihir" (No, McG does NOT count ^^). ciri-ciri mahou shoujo adalah: mengasai sihir dan mempunyai kekuatan yang (biasanya) besar, biasanya mempunyai "kostum" tersendiri kala beraksi, dan dapat pula mempunyai gerakan/sekuens perubahan tersendiri.

Mahou shoujo dan analog-analognya (terutama kalau kata-kata "Mahou Shoujo" diartikan secara harfiah) tersebar di berbagai universe, baik secara sengaja maupun tidak ^^ di Jepang sendiri, mahou shoujo sudah merupakan genre (biasanya anime, manga, atau game) tersendiri dengan massa penggemar yang cukup besar ^^

perlu diperhatikan, bahwa dalam bahasan ini Mahou shoujo akan dibahas secara pengertian umum/harfiahnya (kalo engga, kan entar ga nyangkut ke HarPot ^^), yaitu "gadis muda yang mahir menggunakan sihir".

on to the talk now~

mari membandingkan beberapa "mahou shoujo" yang sering ditemui di internet dan kehidupan sehari-hari~ ^^

informasi lebih lanjut tentang para gadis-gadis pengguna sihir ini dapat dicari di bang wiki atau mas google ^^

Let's start!

1. Hermione Granger
universe: Harry Potter
weapon(s): wand
Magic: mantra-mantra yang dipelajari dari orang lain atau yang diciptakan sendiri.
Pros: Hermione adalah mahou shoujo yang paling fleksibel, karena dapat mempelajari banyak mantra untuk berbagai keperluan dan tak hanya untuk bertempur; ia juga memiliki keberanian dan kemauan yang kuat; ia juga dapat menggunakan barang-barang manusia biasa dengan baik tanpa sihir.
Cons: Jenis sihir yang ia pelajari masih agak sempit untuk digunakan secara efektif dalam pertempuran; selain itu, kemampuannya dalam pertempuran juga masih agak meragukan karena pengalamannya yang sedikit; kadang ia juga masih terbawa-bawa oleh orang lain (namely, Harry dan Ron).
Final verdict: Hermione terletak agak dekat dasar dalam klasemen ^^ (Sorry, tifosi HarPot) tapi walaupun begitu, ia termasuk penyihir yang imbang dalam hal penggunaan sihir didalam dan diluar pertempuran.

2. Nanoha Takamachi
universe: Mahou Shoujo Lyrical Nanoha
weapon(s): Excellion (staff)
Magic: berbasis kekuatan murni, biasanya berwujud cahaya keemasan.
Pros: Nanoha adalah battle-mage yang sangat kuat, karena ia dapat menggunakan kekuatannya dengan bebas saat pertempuran; ia dapat memanfaatkan sisa kekuatan sihir yang tertinggal di medan pertempuran, untuk digunakan dalam serangan-serangannya; ia juga dapat merapal dan mempertahankan beberapa mantra sekaligus tanpa kesulitan.
Cons: walaupun nyaris tak terkalahkan dalam pertempuran, Nanoha sangat lemah diluar pertempuran; kekuatannya juga hanya bisa disalurkan lewat Excellion, membuatnya lemah bila terpisah dari senjatanya itu.
Final verdict: Kuat dalam pertempuran, namun lemah diluar... papan tengah.

3. Sakura Kinomoto
universe: Card Captor Sakura (muncul juga di Tsubasa Reservoir Chronicles, tapi kekuatannya berbeda)
weapon(s): tongkat panjang/staff
magic: satu set kartu yang mengandung kekuatan khas dalam setiap lembar kartunya.
Pros: mantra yang dapat digunakan Sakura melalui katu-kartunya cukup banyak dan bervariasi (50+ macam) sehingga dapat digunakan sesuai keperluan baik didalam maupun diluar pertempuran; ia juga merupakan salah seorang yang paling muda diantara mahou-shoujo dalam daftar ini, jadi kekuatannya masih dapat dikembangkan dan diasah; kekuatan kemauan yang dimilikinya juga cukup kuat.
Cons: kekuatan yang dapat ia gunakan dalam suatu waktu sangat terbatas (hanya satu kartu tiap kali penggunaan), sehingga dapat merepotkan; selain itu ia juga tak memiliki ketahanan fisik yang dimiliki oleh mahou-shoujo lain yang sudah lebih dewasa.
Final verdict: berimbang untuk dalam/luar pertempuran, sihirnya juga luas. menengah ke atas ^^

4. Aerith Gainsborough
universe: Final Fantasy (7)
weapon(s): toya/quarterstaff
magic: berbagai mantra penyembuhan dan pertahanan; Materia
Pros: Aerith memiliki kekuatan penyembuh dan perlindungan terkuat diantara semua mahou shoujo dalam daftar ini; kekuatan yang dimilikinya juga cukup fleksibel dengan adanya Materia yang dapat mengubah kekuatan yang dipunyainya sesuai keadaan; hatinya yang baik dan suka menolong (...maybe) dapat pula memenangkan hati banyak orang.
Cons: sama seperti pengguna magic kebanyakan, Aerith lemah secara fisik (walaupun diimbangi oleh beragam mantra pertahanan miliknya); hampir semua magic asalnya bersifat bertahan, membuat Aerith harus didukung oleh teman-teman seperjuangan yang cukup kuat dalam menghadapi musuh.
Final verdict: sangat vital dalam pertempuran, dan tidak begitu jelek juga diluar. papan atas ^^

5. Rinoa Heartilly
universe: Final Fantasy (8)
weapon(s): chakram launcher
Magic: Para-magic, pure magic (dalam final fantasy 8, magic tidak dipunyai sembarang orang. hanya pemilik kekuatan dari "sorceress" seperti Rinoa saja yang dapat menggunakan magic tingkat tinggi "sejati", sementara orang biasa hanya dapat menggunakan Para-magic); Guardian Force; Angelo (anjing peliharaannya).
Pros: kekuatan kemauan Rinoa adalah salah satu yang paling kuat diantara mahou shoujo dalam daftar ini; selain itu, ia juga mempunyai kekuatan magis yang besar dan bisa mempengaruhi daerah yang cukup luas, memungkinkannya menyerang beberapa musuh sekaligus; fleksibilitas pun dipunyai Rinoa, dengan bantuan beragam Guardian Force yang dapat digunakannya; belum lagi parasnya yang cantik... ^^;
Cons: penyakit lama... Rinoa lemah secara fisik; ia juga kurang begitu bisa mengendalikan kekuatannya, karena ia mendapatkan kekuatan dari 2 sumber sekaligus.
Final verdict: well, sama seperti Aerith, tapi Rinoa lebih condong ke kemampuan tempur... papan tengah, namun lebih rendah dari Sakura ^^

6. Hikaru Shidou
universe: Mahou Kishi Rayearth
weapon(s): pedang lebar, Rayearth
magic: Berbasis elemen api, biasanya digunakan dalam bentuk panah api; Rayearth (roh api berbentuk seperti robot).
Pros: Hikaru sangat lincah karena gemar berolahraga, sehingga membantunya dalam pertempuran; Rayearth yang dimilikinya pun dapat mengeluarkan kekuatan sihir yang amat besar, selain sangat kuat pula secara fisik; ketepatan serangan Hikaru juga ditunjang oleh kemahirannya memanah.
Cons: Hikaru suka meloncat ke dalam persoalan tanpa mengukur kemampuan dirinya sendiri, membuatnya terlibat masalah yang sebenarnya dapat dihindari; wataknya yang agak 'panasan' dan kurang sabar juga bisa menimbulkan masalah; ia juga tidak terlalu kuat secara fisik, walaupun hal itu diimbangi oleh kelincahannya yang cukup tinggi.
Final verdict: sekali lagi... battle-only mage. tapi kemampuan memanahnya bisa berguna juga, jadi... papan tengah bersama Nanoha dan Rinoa ^^

7. Lina Inverse
universe: Slayers, Warcraft 3 (Defense of The Ancients)
weapon(s): -
Magic: berbasis api; Dragon Slave, Giga Slave, Ragna (Laguna?) Blade, dan mantra-mantra lainnya yang tidak ia tunjukkan secara nyata.
Pros: Lina adalah mahou Shoujo dengan kekuatan destruktif terbesar, karena ia bisa saja menghancurkan satu kota hanya dengan sekali rapal mantra Dragon Slave miliknya; ia juga mahir menyembunyikan motif atau perasaan dibalik tindakan dan kelakuannya.
Cons: kekuatan sebesar mantra-mantra Lina sangat sulit dikendalikan (bahkan oleh penyihir setaraf Lina), dan sering salah sasaran menghancurkan lingkungan; Lina juga sangat mata duitan, sehingga dapat mudah dipancing dengan uang ^^; selain itu, pribadi Lina juga tidak sebaik yang kalian lihat...
Final verdict: sangat tidak berimbang... mana wataknya jelek pula ^^;; jauh diatas Hermione, tapi masih sedikit dibawah Nanoha dan Rinoa deh ^^

8. Jaina Proudmoore
universe: Warcraft 3
weapon(s): staff (?)
magic: (versi asli) berbasis air, digunakan untuk memanggil badai salju atau water elemental.
Pros: Jaina juga termasuk mahou shoujo "sekolahan" seperti Hermione, namun karena usianya lebih tua tentu mantra miliknya lebih matang daripada Hermione; kemampuannya memanggil water elemental dan badai salju dapat menjadi aset yang cukup berharga dalam sebuah pertempuran besar, dimana ia harus melawan beberapa musuh sekaligus.
Cons: Jaina agak sulit percaya dengan orang lain, sehingga dapat menghambat kerjasama tim; selain itu, kelemahan umum penyihir juga masih menghinggapinya... lemah secara fisik.
Final verdict: papan tengah bersama Nanoha dan Rinoa ^^

9. Iron Maiden Jeanne
universe: Shaman King
weapon(s): peti penyiksaan (Iron Maiden), Shamash (roh miliknya)
magic: sihir roh, Shamash (OverSoul dan Furyoku)
Pros: Shamash adalah roh yang kuno dan sangat kuat (pernah disembah sebagai dewa pada zaman babylonia kuno), dapat membuat Jeanne sulit dikalahkan, apalagi bila dalam pertarungan satu lawan satu; ia juga mengetuai X-laws, sebuah perkumpulan pengguna roh yang anggotanya kuat, yang membuatnya tidak akan kehabisan pendukung.
Cons: Jeanne relatif mudah dipengaruhi, terutama bila tidak sedang didampingi oleh pembantu-pembantunya dari X-laws; menggunakan OverSoul dan Furyoku setaraf Shamash menghabiskan banyak kekuatan roh sehingga harus digunakan secara efektif dan hati-hati.
Final verdict: Papan Tengah bersama Nanoha dan Rinoa ^^

10. Primula
universe: Shuffle!
weapon(s): -
magic: belum jelas, namun selama ini yang ditunjukkannya di game/anime biasanya yang berbasis es.
Pros: Primula mempunyai potensial kekuatan sihir yang sangat besar (canon di manga Shuffle: bila kekuatannya keluar secara tidak sengaja, ia dapat menghancurkan sebuah prefektur); ia juga masih muda, jadi masih banyak sihir yang ia bisa pelajari; tubuhnya yang kecil juga membuatnya mudah bersembunyi ^^
Cons: Primula belum dapat mengendalikan kekuatannya, sehingga sangat berbahaya; selain itu, emosi Primula juga sulit diketahui dan ia juga sulit diajak kerjasama.
Final verdict: menemani Hermy di papan bawah... though saya jauh lebih suka dia dpd Hermy ^^

lalalalala~~~

selesai meracau...

*kabur sebelum ditimpuk*

6 Comments:

Blogger Myu-chan said...

Mahou shoujo, eh?

Oh, well... *timpuk suami*

saudara kembar saya kok ga disebut??? nah dia itu kan mirip mahou shoujo juga.. walau waktu beraksi ga pake kostum... *disambit kue bolu*

2:56 PM  
Blogger Writer Nightpen said...

bentar ya ditambahin...

also... perlu ditambah gambar ga yah? biar yang kurang2 tau ga penasaran, gitu ^^

11:05 PM  
Blogger Myu-chan said...

perluuuuu~!!! Rim-channya yang pake nekomimi... *disambit*

1:36 PM  
Blogger ambudaff said...

Perluuuuuu!

5:59 AM  
Blogger Writer Nightpen said...

Sabarrr... aye cari dulu gambarnya ya ibu-ibu sekalian...

*kabur sblum ditimpukin*

12:11 AM  
Blogger Myu-chan said...

*timpuks suami*

*komen ga penting*

8:35 AM  

Post a Comment

<< Home