Monday, October 16, 2006

Enneagram...

Yay! Entri pertama seekor kucing di blog ini... *kabur*

Ehm. Ehm. Lupakan kalimat yang saya tulis di atas, dan silakan ambil tempat duduk untukmu sendiri. *g*

Setelah Ambu berbicara soal Myers-Brigg Test, sekarang saatnya saya untuk membicarakan mengenai Enneagram dan hubungannya dengan... Harry Potter, tentu.

Enneagram adalah suatu diagram bertitik sembilan yang digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk mengenali tipe kepribadian seseorang. Dalam Enneagram kepribadian ada sembilan tipe kepribadian, yaitu (dari 1 sampai 9): Perfeksionis (Perfectionist), Penolong (Helper), Pengejar Prestasi (Achiever), Romantis (Romantic, terkadang disebut juga Individualist), Pengamat (Observer), Pencemas (Defender, atau Loyalist), Petualang (Adventurer), Penantang (Challenger), dan Pendamai (Peacemaker). Setiap titik Enneagram berhubungan dengan titik lain dalam bentuk tertentu, di sini, dalam dua bentuk, segitiga 6-3-9-6, dan bentuk-bertitik-enam 1-7-5-8-2-4-1. Setiap tipe mengambil sisi positif dari tipe pada titik sebelumnya jika keadaan dirinya baik dan sisi negatif tipe sesudahnya jika ia tertekan. Misalnya, orang dengan tipe 4 (Romantis), cenderung mengambil sisi positif tipe 1 jika sedang dalam keadaan baik, dan mengambil sisi negatif tipe 2 jika ia tertekan. Setiap tipe juga mempunyai sayap, yaitu dua tipe di kiri dan kanan tipe utama. Sayap-sayap ini juga mempengaruhi kepribadian orang tersebut, bahkan bisa saja tipe seseorang pada saat dewasa adalah sayap tipe masa kanak-kanaknya yang lebih berkembang.

Lalu? Apa hubungannya dengan Harry Potter? Well, setiap karakter dalam Harry Potter memiliki tipe Enneagram tertentu.. Sebenarnya, dalam Enneagram, kita lah yang bisa menentukan tipe kepribadian kita sendiri. Namun, tiap karakter Harry Potter dianalogikan seperti ini. Harry, contohnya, dianalogikan sebagai tipe 9, Pendamai, karena ia yang hidup sebagai anak yatim piatu dalam asuhan keluarga Dursley dan selama itu hidup *lumayan* menderita, dapat menemukan cara untuk menarik diri ke dalam hidupnya sendiri, dan tentu, bertahan hidup. Ron, adalah tipe 6 dengan sayap 7, Pencemas yang suka mengkhawatirkan segala sesuatu, walaupun begitu, ia menyukai lelucon dan petualangan. Hermione, di sana dikategorikan sebagai tipe 1, Perfeksionis, yang mencoba menjadi yang terbaik, atau paling tidak, mengerjakan yang terbaik. Mungkin, Hermione sebenarnya lebih cocok pada tipe 3, Pengejar Prestasi, di mana, ya itu dia, Hermione menginginkan untuk mencapai suatu prestasi yang tinggi bagi dirinya.

Contoh lain adalah Severus Snape. Snape *lirik-lirik penggemar Snape* diibaratkan sebagai tipe 4, Romantis dan Individualis. Mengapa? Karena Snape, selain unik (dan tampaknya ingin dianggap sebagai unik oleh orang lain), ia juga tipe yang sedikit penyendiri dan terlihat jauh dari kebanyakan orang, termasuk kedua orang tuanya. Lalu Draco dan Voldemort, adalah tipe 3. Keduanya, sebagai sesama Pelahap Maut, sama-sama menginginkan prestasi terbaik bagi diri mereka, walau, dengan cara-cara yang menurut kita mungkin tidak baik.

Memang, tidak ada tes untuk mengetahui Enneagram Anda dan kemudian membandingkannya dengan karakter Harry Potter secara langsung, tapi Anda bisa mencoba tes ini atau ini. Lalu bandingkan dengan situs-yang-saya-berikan-tadi.

Saya, terlahir pada tanggal yang sama dengan Snape, konon bertipe 4. Lalu, Anda itu tipe yang mana ya?? Setipe dengan siapa ya??

Well, mungkin tipe Anda tidak seperti tipe karakter favorit Anda, atau apalah. Tapi berbahagialah dengan tipe yang Anda temukan bagi diri Anda sendiri, karena setiap orang (juga setiap karakter dalam Harry Potter) adalah unik.

O ya, sebelum saya pergi, hubungan lain Enneagram dengan Harry Potter adalah: Anda mungkin bisa lebih memahami setiap karakter dalam Harry Potter beserta sifat-sifatnya, baik pada saat normal, bahagia, atau justru tertekan. (Jadi pahamilah mengapa Ron itu tukang mengkhawatirkan segala sesuatu, er.. termasuk adiknya...)

Salam sihir! Oh, dan tolong habiskan butterbeer dalam gelasmu ya... *g*

Eh, iya, ngomong-ngomong... Snape itu tipe 4 dengan sayap berapa ya???

((ETA: Kalau ada yang masih ga percaya dengan tipe Enneagramnya, baca saja buku Enneagram karangan Renee Baron & Elizabeth Wagele...)