Thursday, October 12, 2006

Tradisi menulis di Hogwarts

Di Buku 3 bab 4 ada sekilas disebutkan, artikel yang dimuat dalam Transfiguration Today dan sedang dibicarakan oleh penyihir lain.

Transfiguration Today itu mungkin semacam Jurnal? Atau buletin? Seperti Jurnal Hukum Indonesia, Jurnal Matematika Indonesia, atau sejenisnya?

Hal ini agak menggangguku. Banyak buku yang beredar, dan Hermione disebutkan banyak membaca. Tetapi tidak ada yang disebutkan menulis. Menulis tulisan ilmiah. Nampaknya Dumbledore menuliskan penemuannya tentang dua belas kegunaan darah naga, juga mengenai penelitiannya dengan Nicholas Flamel. Tetapi, bagaimana dengan yang lain? Apakah McGonagall menulis di Transfiguration Today? Apakah Sprout menulis tentang penelitiannya mengenai Mandrake? Lalu bagaimana dengan Snape yang banyak berdiam diri di Ruang Bawah Tanah untuk meneliti Ramuan?

Kemarin Ambu dapet link ini: Notes in the Margins. Warning, ratingnya M. Tapi kaya’nya yang di sini udah pada dewasa ya? Belum? Hihi..

Fanfic ini bergaya biografi. Biografi Snape, untuk yang pengen tahu. Tapi bentuknya lain daripada yang biasa kita baca. Seolah-olah dunia sihir itu ada di depan kita. Tiap bab diakhiri dengan footnote yang sangat meyakinkan. Coba, ada

McGonagall, M., "Patriarchy: A Worrisome Trend," Wizardry Today, 168:23 (July 1970), editorial.

Atau

Longbottom, Augusta, Hogwarts As It Needed To Be: A Memoir, self-published, 2000


Bones, Susan, “Overwrought: Muggle Views of Childhood,” Journal of Muggle Studies, 179:8 (August 2001), pages 1011-1063.

Lalu ada:
James Bond was a misogynistic and murderous British spy, a sort of Muggle folk hero, memorialized in a series of biographies written by Muggle Ian Fleming in the late 1950s and early 1960s

Moody, Alastor, Mind Those Buttocks, Apprehension Press, 2004.

Weasley, Percy, The Futility of Wizarding Law, Beltane Books, 1999. This scathing look at Wizarding society comes from a manuscript Weasley completed in secrecy during his employment at the Ministry of Magic.

Umbridge, Dolores, "Magic Amongst Underaged Wizards 2: Detection and prevention" (1992) and "Magic Amongst Underaged Wizards 3: Control and Eradication" (1993), Instructional Guides for Parents (series), Ministry of Magic.

Tentu saja selain bahasanya yang rapi, data yang termuat juga sangat meyakinkan. Hanya ada satu hal yang agak mengganggu, Tom Riddle disebutkan seangkatan dengan nenek Snape. Sedangkan kalau dihitung-hitung, banyak fanfiction yang menyajikan Tom Riddle itu seangkatan (atau sekitar) dengan Eileen.

Fanfiction ini belum selesai Ambu baca. Dan FF ini juga belum selesai ditulis, masih WIP. Tapi seneng juga, ada karya yang mengemukakan bahwa di Hogwarts dan dunianya, budaya menulis juga tumbuh.